Pelaksanaan Fungsi Edukasi dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Keluarga Buruh Tani di Desa Balai Kurai Taji Kota Pariaman
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi edukasi keluarga buruh tani dalam pembelajaran daring di era pandemic Covid-19 di (Desa Balai Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman). Pada masa pembelajaran daring di era Covid-19 keluarga sebagai kelompok primer harus berpartipasi aktif menjalankan fungsi edukasi terhadap anak. Namun keluarga buruh tani masih memprioritaskan pendidikan anak di samping menjalankan profesi sebagai buruh tani dari segi ekonomi yang kurang mencukupi, dan tingkat pendidikan yang rendah, Keluarga tetap menjalankan fungsi edukasi terhadap anak dalam pembelajaran daring di era Pandemi Covid-19. Untuk menganalisis permasalahan penelitian ini, penulis menggunakan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus serta teknik pemilihan informan ialah teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan selama berada di lapangan maka dapat peneliti tarik kesimpulan bahwa pelaksanaan fungsi edukasi oleh keluarga buruh tani terhadap anak dalam pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19 adalah: (1) Fungsi Afeksi (sikap), (2) Fungsi Psikomotor (keterampilan), (3) Fungsi Kognitif (pengetahuan).