Motif Penggunaan Filter Instagram dikalangan Mahasiswa Perempuan Universitas Negeri Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif penggunaan filter Instagram dikalangan mahasiswa perempuan Universitas Negeri Padang. Hal ini menarik untuk diteliti karena dalam penggunaan filter Instagram membuat mahasiswa perempuan Universitas Negeri Padang menjadi candu dan sudah menjadi keharusan dalam menunjukkan diri di Instagram. Mahasiswa perempuan banyak memanfaatkan filter Instagram untuk berbagai kepentingan dan tujuan. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 24 orang. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi data, yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif mahasiswa perempuan Universitas Negeri Padang melakukan tindakan menggunakan filter Instagram, yaitu 1) pencitraan diri 2) mengikuti trend 3) eksistensi diri dan motif ekonomi.