Pola Asuh dan Prestasi Anak Tionghoa dalam Perspektif Psikologi Budaya
DOI:
https://doi.org/10.24036/perspektif.v8i2.1154Keywords:
Keluarga Tionghoa, Komunikasi, Manajemen Waktu, Pola Asuh, Prestasi AkademikAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak pola asuh dalam keluarga Tionghoa di Indonesia, dengan fokus khusus pada bagaimana pola asuh tersebut mempengaruhi prestasi akademik anak-anak. Penelitian ini mengkaji hubungan antara pendekatan pengasuhan dan prestasi anak, terutama dalam keluarga Tionghoa Totok (darah murni) dan Peranakan (campuran). Penelitian ini menyelidiki peran komunikasi terbuka, metode disiplin, dan kesadaran diri dalam manajemen waktu sebagai faktor yang berkontribusi pada kesuksesan akademik. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai budaya dalam keluarga Tionghoa membentuk perkembangan kemandirian dan tanggung jawab anak. Penelitian kualitatif deskriptif dipilih untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam. Informan berusia 19 hingga 21 tahun dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang mewakili latar belakang keluarga Tionghoa Totok atau Peranakan. Data dikumpulkan melalui kuesioner mengenai pola asuh yang dipersepsikan (otoritatif, otoriter, permisif) dan wawancara mendalam. Analisis tematik digunakan untuk mengelompokkan dan menganalisis data untuk mengidentifikasi tema utama dan memberikan wawasan lebih dalam mengenai pengaruh pola asuh terhadap prestasi akademik. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya komunikasi demokratis dan peran orang tua dalam mendukung kemandirian dan tanggung jawab anak-anak mereka. Selain itu, penelitian ini menekankan dampak dari metode disiplin non-otoriter terhadap perkembangan emosional dan akademik anak. Penelitian ini menyarankan bahwa pemahaman terhadap dinamika budaya ini dapat meningkatkan dukungan psikologis dan pendidikan bagi anak-anak dalam keluarga Tionghoa.
Downloads
References
Amaliana, A., & Afrianti, N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap kemandirian Anak di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 2(1), 59-64.
Baumrind, & Diana. (1971). Current patterns of parental authority. Patterns of Parental Authority 1. Developmental Psychology Monograph. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/h0030372
Elfani, S., & Utami, D. (2021). Diskursus Pola Asuh Keluarga Tionghoa (Studi Relasi Kuasa Orangtua dalam Pembentukan Citra Kewirausahaan pada Anak). Paradigma, 2(1), 1–23. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/40053/35470
Farida, K., & Setyawan, J. (2025). An Exploration of the Meaning of Gawai Dayakin Sintang, West Kalimantan: An Intergenerational Perspective. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan (JPTT), 15(3), 236-246.
Fatimah, R., Sunarti, E., & Hastuti, D. (2020). Tekanan Ekonomi, Interaksi Orang Tua-Remaja, dan Perkembangan Sosial Emosi Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 13(2), 137–150. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.137
Florencia, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau Berdasarkan Pola Asuh Orangtua. Psibernetika, 10(2), 123–130. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1050
Hasanuddin, A. S., Setyawan, J., & Edy, D. F. (2025). Social Identity of Buginese-Makassarese Migrant Student. Journal of Psychological Perspective, 7(1), 41-50.
Hidayah, N. B., Mujiati, M., Aliyah, N. D., El-Yunusi, M. Y., Evendi, W., Zakki, M., & Farid, M. (2024). Konseling Keluarga Islam Dalam Membentuk Komunikasi Dan Hubungan Baik Antar Anggota Keluarga Di TK Thaybah. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 100-105.
Aziz, A. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Isnaeni, N. (2012). Perkembangan Pendidikan Anak-Anak Tionghoa Pada Abad 19 Hingga Akhir Orde Baru Di Indonesia. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 3(1), 10–27.
Kim, K. H., & Hua, Y. (2019). How Cultural Parenting Impacts Children’s Academics and Creativity. Creativity, 6(2), 198–222. https://doi.org/10.1515/ctra-2019-0012
Masyithoh, S. (2017). The Influence of Parents’ Parenting and Emotional Quotient on Students’ Social Skills. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 4(1), 32–44. https://doi.org/10.15408/tjems.v4i1.5901
Mohamad Permana, R. S., & Suzan, N. (2023). Peran Komunikasi dalam Konteks Hubungan Keluarga. Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.61296/jkbh.v5i1.93
Munawaroh, C., & Setyawan, J. (2024). “Andhap Asor” in a Psychological Perspective: A Realist Study of Contemporary Javanese Society. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 15(3), 284-293..
Parulian, T. S., Yulianti, A. R., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Borromeus, S. (2019). Sebaya Pada Remaja Relationship of Parent Parents With Peer Interaction Adolescent. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1), 173–178.
Permadin, M. L. P., Tere, M. I., & Hidayat, D. R. (2021). Hubungan parental influence dengan teori Anne Roe dalam pemilihan karier siswa SMA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1).
Cernasev, A., & Axon, D. R. (2023). Research and scholarly methods: Thematic analysis. Journal of the American College of Clinical Pharmacy, 6(7), 751-755.
Prastiwi, M. (2024). 6 Fakta Ashton, Anak Usia 6 Tahun Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika https://www.kompas.com/edu/read/202.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary educational psychology, 25(1), 54-67.
Sandi, E. D., & Harususilo, Y. E. (2020). Bangkit dari Kekecewaan, Ini Kisah Stanve Raih Emas Dua Olimpiade Matematika. https://edukasi.kompas.com/read/2020/10/17/102429971/bangkit-dari-kekecewaan-ini-kisah-stanve-raih-emas-dua-olimpiade-matematika
Sukmandari, N. M. A., Triana, K. Y., & Prihandini, C. W. (2022). The Development of Preschool Children Related to Democratic Parenting. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 9(2), 240–252. https://doi.org/10.32668/jitek.v9i2.771
Thomas, F. B. (2022). The role of purposive sampling technique as a tool for informal choices in a social Sciences in research methods. Just Agriculture, 2(5), 1-8.
Xu, G., Liu, Y., Tu, Z., & Yang, X. (2025). A Study on the Differences in Parental Educational Expectations and Adolescents’ Academic and Psychological Development: A Comparative Analysis of Only Children and Non-Only Children. https://doi.org/10.3390/bs15040402
Zhang, W., Wei, X., Ji, L., Chen, L., & Deater-Deckard, K. (2017). Reconsidering Parenting in Chinese Culture: Subtypes, Stability, and Change of Maternal Parenting Style During Early Adolescence. Journal Of Youth and Adolescence, 46(1), 1117.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Esther Marliana & Jefry Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.