Faktor Bertahannya Angkutan Kota di Era Transportasi Online (Studi pada Sopir Angkot Rute Pasar Raya - Gunung Panggilun - Siteba)
DOI:
https://doi.org/10.24036/perspektif.v8i2.852Keywords:
Angkutan Kota, Faktor Bertahan, Supir, Transportasi onlineAbstract
Disrupsi teknologi transportasi menyebabkan terjadi permasalahan baru bagi para Sopir Angkutan Kota. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang membuat sopir angkutan kota trayek Pasar Raya – Gunung Pangilun – Siteba tetap bertahan di era transportasi online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturasi karya Anthony Giddens. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Informan pada penelitian ini adalah Supir Angkot rute/trayek Pasar Raya - Gunung Pangilun - Siteba, Pihak Instansi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Padang serta Pengguna Jasa Angkot rute/trayek Pasar Raya-Siteba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan transportasi online menyebabkan menurunnya jumlah armada Angkot yang beroperasi serta menurunnya pendapatan rata-rata para Sopir Angkot. Selanjutnya, faktor yang menjadikan keberadaan Angkot masih bertahan yaitu: a) loyalitas konsumen dan perekonomian konsumen; b) keterbatasan keterampilan. Selanjutnya, fenomena bertahannya Angkot di era transportasi online merupakan wujud keterkaitan antara agen, struktur, dan dampaknya terhadap sistem transportasi di Kota Padang.
Downloads
References
Al-Fattha, F. A., Zahira, H. T., Hati, L. P., & Ginting, L. D. C. U. (2024). Transformasi Transportasi: Dampak Layanan Online terhadap Pengemudi Konvensional di Kota Pematangsiantar. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 2, 2143.
Amir, M., & Rahman, A. (2020). Analisis Dampak Transportasi Online terhadap Transportasi Konvensional (Bentor) di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(1), 313–329. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.313
Andrianus, F., & Yunekha, G. (2019). Analisis Kesejahteraan Driver Go-Jek di Kota Padang (Pendekatan Objektif dan Subjektif). Dinamika Sosial Budaya, 21(1), 1–12. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. London: Sage Publications.
Dewi, L. P., & Taufiqurrahman, E. (2022). Dampak Keberadaan Transportasi Online terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional. Jurnal Pendidikan Tambunsai, 6(1), 3216–3222.
Fakhriyah, P. (2020). Pengaruh layanan transportasi online (Gojek) terhadap perluasan lapangan kerja bagi masyarakat di Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 34-41.
Ferdiansyah, R., Rizani, M. D., & Yudaningrum, F. (2023). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Menuju Stasiun Gambir Menggunakan Transportasi Online dan Bus Transjakarta. Jurnal Teknik Sipil Gyratory UPGRIS, 4(1), 10–16.
Fitri, A. N., & Vidya Putra, E. (2020). Rasionalitas Keberadaan Angkot sebagai Transportasi Konvensional di Era Digital dalam Masyarakat Kota Padang (Studi Kasus: Angkot Rute Balai Baru-Lapai-Pasar Raya). Jurnal Perspektif, 3(1), 78–87. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i1.195
Giddens, A. (1984). The Constitution of Society. Cambridge: Polity Press.
Irawan, M. Z., Bastarianto, F. F., Rizki, M., Belgiawan, P. F., & Joewono, T. B. (2021). Exploring the frequency of public transport use among adolescents: a study in Yogyakarta, Indonesia. International Journal of Sustainable Transportation, 16(11), 978–988.
Istianto, B., & Maulamin, T. (2017). Kebijakan Transportasi Online dan Konflik Sosial. Jurnal Imu Administrasi Negara, 5(2), 99–136.
Jabar, & Parasit, L. (2024). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan dalam Mempertahankan Pelanggan di Tengah Maraknya Transportasi Online di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. Jurnal Sosiologi Mina Bahari, 2(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.55340/jsm.v2i1.1645
Jamaluddin, A. N. (2015). Sosiologi Perkotaan: Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya. Jakarta: Pustaka Setia.
Karjani, K. (2009). Sektor Informal Kota: Analisis Teori Strukturasi Giddens (Kasus Pedagang Pasar Keputran Kota Surabaya). Masyarakat Kebudayaan dan Politik, 22(1), 286–298.
Lamsal, M. (2012). The Structuration Approach of Anthony Giddens. Himalayan Journal of Sociology and Anthropology, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.3126/hjsa.v5i0.7043
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Nurmalasari, R. R., Putri, E. P., Prihatmanto, A. S., Yusuf, R., & Wijaya, R. (2020). Anomaly Behavior Detection of Angkot Based on Transportation Data. 6th International Conference on Interactive Digital Media, ICIDM 2020. https://doi.org/10.1109/ICIDM51048.2020.9339658
Presilawati, F., Arifin, V. N., & Khalid, Z. K. (2023). Dampak Berkembangnya Transportasi Online yang Berimbas terhadap Lemahnya Transportasi Offline di Kota Banda Aceh. JSI: Jurnal Saudagar Indonesia, 1(2), 100–113.
Priyono, B. H. (2002). Anthony Giddens: Suatu Pengantar, Kepustakaan Populer. Jakarta: Gramedia.
Ramadhan, W. F., Fatgehipon, A. H., & Kurniawan, N. (2024). Analisis Adaptasi Sopir Angkutan Kota Konvensional Di Jakarta Dalam Menghadapi Dampak Kehadiran Microtrans Jak Lingko. Wissen : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i2.99
Rosa, A., Widad, A., & Eka, D. (2017). Faktor-Faktor yang Membedakan Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Dalam Kota (Studi Kasus Angkutan Umum Konvensional dan Berbasis Online). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15(3), 164–172.
Sahputra, M. I., Triayudi, A., & Rubhasy, A. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penumpang Angkutan Umum Beralih ke Transportasi Online Go-Jek menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 6(1), 63–69. https://doi.org/10.35870/jti
Sakti, P., Evadelvia G.S, V., & Prianto, A. (2024). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Konvensional Di Kota Kendari. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1091–1098.
Sardjono, W., Laksmono, B. S., & Yuniastuti, E. (2020). The social welfare factors of public transportation drivers with online application as a result of the 4.0 industrial revolution in transportation. ICIC Express Letters, 14(4), 361–368. https://doi.org/10.24507/icicel.14.04.361
Simarmata, J., Sitorus, M. R., Yuliantini, & Arubusman, D. A. (2019). The factors influencing passengers’ interest in using transportation services. TEM Journal, 8(3), 945–950. https://doi.org/10.18421/TEM83-36
Sonia, F., Zuriyanti, E., & Afyansih, N. (2024). Kajian Spasial Rute Transportasi Angkutan Kota dan Mobilitas Penduduk Menuju Pusat-Pusat Pelayanan di Kota Padang. El-Jughrafiyah, 04, 60–66.
Syahri, M. (2015). Strukturasi Anthony Giddens (071317047303).
Wahab, W., & Ardian, D. W. (2018). Analisis Biaya Operasi Kendaraan dalam Penentuan Tarif Angkutan Umum Metode Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 2002 (Studi Kasus: Trayek Angkutan Umum Tabing-Pasar Raya Padang). Jurnal Teknik Sipil ITP, 5(1).
Watung, M. P., Ch Rotinsulu, D., & Tumangkeng, S. Y. L. (2020). Analisis Perbandingan Pendapatan Ojek Konvensional dan Ojek Online di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03), 126–139.
Whittington, R. (2015). Giddens, Structuration Theory and Strategy as Practice. Cambridge Handbook of Strategy as Practice, Second Edition, December, 145–164.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Ichsan et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.