Fungsi Rumah Tahfizh Al-Qur’an di Kalangan Pelajar Desa Simpang Belui

Authors

  • Velia Atika Triani Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Hidayat Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/perspektif.v8i2.984

Keywords:

Fungsi Manifes, Fungsi Laten, Pendidikan Al-Qur’an, Pelajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengenai fungsi rumah tahfizh Al-Qur'an di kalangan pelajar. Hal ini menarik untuk diteliti karena rumah tahfizh Al-Qur'an yang awalnya berfungsi sebagai tempat pendidikan Al-Qur’an ternyata memiliki fungsi lain yang tersembunyi dan tidak disadari oleh pelajar. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis fungsi manifes dan fungsi laten yang ada di rumah tahfizh Asy-Syafi’i. Teori yang digunakan adalah analisis teori struktural fungsional dari Robert K. Merton, dengan konsep fungsi manifes dan fungsi laten. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif tipe studi kasus. Informan penelitian berjumlah 18 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria meliputi pelajar tahfiz, pengurus dan guru tahfizh, serta orang tua dari pelajar yang mengikuti pendidikan tahfizh di Rumah Tahfizh Asy-Syafi’i. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu menggunakan model triangulasi interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Tahfizh Asy-Syafi’i memiliki fungsi manifes dan laten yaitu : Pertama, fungsi manifes Rumah Tahfizh Asy-Syafi’i yaitu menyediakan pendidikan Al-Qur’an bagi pelajar, sebagai tempat internalisasi pendidikan agama, meningkatkan peluang memperoleh beasiswa. Kedua, fungsi laten Rumah Tahfizh Asy-Syafi’i yaitu meningkatkan kesempatan diterima di sekolah unggulan, sebagai sumber penghasilan bagi pelajar, serta mendorong terjadinya persaingan (competition). Berbeda dengan penelitian terdahulu yang hanya mengkaji rumah tahfizh Al-Qur’an dari aspek pendidikan dan pemberdayaan, pada penelitian ini menyoroti fungsi manifes dan fungsi laten rumah tahfizh yang berkaitan dengan aspek ekonomi serta mendukung peluang akademik pelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, H. (2017). Fungsi Manifes dan Fungsi Laten Pesantren Mahasiswa Baitul Hikmah Surabaya. Jurnal Universitas Airlangga, 1(1), 1–23. https://doi:1052432/antrounair.aunc53d/8a41f9.

Arobi, M. (2019). Rumah-Rumah Tahfizh di Kota Banjarmasin: Profil, Program, dan Metode Pengajaran Al-Qur’an. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 39. https://doi: 10.18592/tarbiyah.v8i1.2666.

Basrowi, B. & Suwandi, S.( 2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, F & Permatasari, D.Y. (2020). Tren: Pendidikan Tahfizh Qur’an pada Anak di Rumah Qur’an Ar-Roudhoh Rowotengah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19–26. https://doi.org/10.36835/au.v2i2.375

Hamdani, Z. (2021). Pemberian Motivasi dalam Menghafal Al-Qur’an Bagi Santriwati Rumah Tahfizh Az-Zahara SMP Tsanawiyah Pesantren Mustahawiyah Purba Baru. Journal of Community Dedication, 1(2), 111–17. https:/doi: stai-madina.ac.id/index.php/jcdd

Institute Ilmu Al-Qur’an (IQQ) Jakarta. (2022). Hasil Riset: Angka Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia. Jakarta: Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ).

Mahardhika, E, B. (2013). Peran Rumah Tahfizh Zulfa Qurrota dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Purbayan Kotagede Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Markhabi, F. (2024). Efektivitas Program Tahfizh Al-Qur’an di SMP Tahfizh Azhar Centre. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 441-454.doi:https://doi.org/10.58230/27454312.512

Marpuah, S. (2022). Moral Development Strategy in Shaping Youth Character through Al-Qur’an. International Journal Corner of Educational Research, 1(1), 55–61. doi: 10.54012/ijcer.v1i1.78.

Masykuroh, R. & Jannah, J. (2018). Konstruksi Sosial Hafidzah Al-Qur’an di Kabupaten Jember. Jurnal Entitas Sosiologi, 7(1). https://doi.org/10.54012/ijcer.v1i1.78

Muchlis, Z. & Ayif, F. (2022). Membangun Karakter Islami Melalui Rumah Tahfiz Hidayatul Quran Notoprajan. Webinar AbdiMas, 5(1), 389–98. https://doi.org/10.18196/ppm.52.1039

Narwoko, D, & Bangong, S. (2011). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putra, R. P. et al (2023). Peran Rumah Tahfizh Jaringan Rumah Qur’an Haramain Karangpandan dalam Penyelenggaran Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Riset Multidisiplin dan Inovasi Teknologi, 2(1), 119–32. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i01.373

Rahman, K. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Terintegrasi di Perguruan Tinggi Agama Islam. Journal of Islamic Education Research, 2(2), 199–207. doi: 10.35719/jier.v2i2.169.

Rifki, M. A. (2023). Perancangan Aplikasi Menghafal Al Quran Berbasis Mobile Menggunakan Metode Lean Ux.Universitas Islam Indonesia.

Ritzer, G. & Stepnisky, J. (2018). Teori Sosiologi Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahrah, S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Rumah Tahfizh An-Nawawi Pada Masyarakat Dusun Kapek Kecamatan Gunungsari. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 16(1), 55–75

Sangaji, R. (2023). Lembaga Tahfizh Al-Qurán dan Life Skill Santri: Kajian Sosiologis Tentang Antusiasme Masyarakat Bone, Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 4(1), 217–29.doi:https://doi.org/10/29103/jspm.v4i1.11584

Sarwanto, S. et al. (2020). Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Aisyiyah Ponorogo. Jurnal Mahasiswa Sarjana 1(1), 136–37.https//doi.org/1024269/jm.v1.i1.1

SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci Tentang Penetapan Penerima Beasiswa Kerinci Cerdas Cabang Hafizh Tahun 2023

Soekanto, S. & Sulistrowati, B. (2017). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujaweni, W. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Wiratna, S. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wirawan, W. (2015). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma (Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial). Jakarta: Prenada media group.

Wulandari, D. et al. (2018). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 8(1), 165–75. https://doi.org./10.35965/bje.neliti.252410

Zulkifli, Z. & Wirdanengsih, W. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizh di SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 198–206. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.23

Published

2025-06-22