Internalisasi Nilai-Nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu SDIT Khairah Ummah Kota Padang
Abstract
Penelitian ini berupaya menjelaskan apa saja kegiatan di sekolah dasar Islam terpadu Khaira ummah dan bagaimana proses penginternalisasia niai-nilai Islam dalam kegiatan tersebut. Penelitian ini dianalisis dengan teori interaksionalisme simbolik helbert Blumer yang menyatakan bahwa manusia membentuk makna dari proses komunikasi menurut Blumer ada tiga asumsi yaitu manusia bertindak berdasarkan makna yang diberikan oleh orang lain kepada dirinya, maka diciptakan dalam interaksi antar manusia dan makna tersebut di modifikasi melalui interaksi antar manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunkan teknik purposif sampling dalam pemilihan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa cara yang dilakukan guru dalam proses internalisasi nilai di SDIT Khaira Ummah kota Padang diantaranya dengan mengajak dan membiasakan, menanankan rasa kesadaran, menunjukkan disipin dan menjunjung tinggi aturan sekolah.