Pelaksanaan Program Pendidikan dan Keterampilan dan Program Pengembangan Kehidupan Berkoperasi oleh PKK dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kanagarian Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan program pendidikan dan keterampilan serta program pengembangan kehidupan berkoprasi oleh PKK dalam pemberdayaan masyarakat. Teori ang digunakan oleh Charles O. Jones yaitu pilar aktivitas dalam pelaksanaan program. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan dan keterapilan serta program pengembangan kehidupan berkoperasi masih belum optimal. Kendala yang ditemukan oleh PKK yaitu rendahnya mutu SDM, kurang jelasnya aturan dan sanksi, serta rendahnya kesadaran masyarakat sehingga patisipasi masyarakat menjadi sedikit.