Efektivitas Peraturan Sekolah Tentang Larangan Siswa Membawa Smartphone di SMA Negeri 7 Padang

  • Wiwin Andesta Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi membawa perubahan sosial dalam masyarakat. Menyikapi hal itu institusi pendidikan mengambil langkah inovasi dengan melahirkan pendidikan abad 21. pendidikan abad 21 mengharuskan siswa menguasai 4c (communication, collaboration, critical thingking, dan creativity), pengetahuan dan kemampuan literasi digital, literasi informasi, literasi media, dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Penciri dari pembelajaran abad 21 adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran yang bisa memunculkan berbagai informasi yang dapat menyeimbangi tuntuntan pembelajaran abad21. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana Efektivitas Peraturan Sekolah Terhadap Larangan Siswa Membawa Smartphone di SMA Negeri 7 Padang, apakah aturan tersebut sudah berjalan dengan semestinya ataupun sebaliknya. Untuk menganalisis permasalahan penelitian ini, penulis penggunakan teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everett M. Rogers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus, dengan teknik pemilihan informannya yaitu purposive sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokementasi dengan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peraturan tentang larangan siswa membawa smartphone di SMA Negeri 7 Padang belum sepenuhnya efektif diterapkan. Karena masih siswa masih banyak yang melanggar aturan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi membawa perubahan sosial dalam masyarakat. Menyikapi hal itu institusi pendidikan mengambil langkah inovasi dengan melahirkan pendidikan abad 21. pendidikan abad 21 mengharuskan siswa menguasai 4c (communication, collaboration, critical thingking, dan creativity), pengetahuan dan kemampuan literasi digital, literasi informasi, literasi media, dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Penciri dari pembelajaran abad 21 adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran yang bisa memunculkan berbagai informasi yang dapat menyeimbangi tuntuntan pembelajaran abad21. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana Efektivitas Peraturan Sekolah Terhadap Larangan Siswa Membawa Smartphone di SMA Negeri 7 Padang, apakah aturan tersebut sudah berjalan dengan semestinya ataupun sebaliknya. Untuk menganalisis permasalahan penelitian ini, penulis penggunakan teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everett M. Rogers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus, dengan teknik pemilihan informannya yaitu purposive sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokementasi dengan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peraturan tentang larangan siswa membawa smartphone di SMA Negeri 7 Padang belum sepenuhnya efektif diterapkan. Karena masih siswa masih banyak yang melanggar aturan tersebut.

Published
May 8, 2020
How to Cite
ANDESTA, Wiwin; FERNANDES, Reno. Efektivitas Peraturan Sekolah Tentang Larangan Siswa Membawa Smartphone di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Perspektif, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 279-286, may 2020. ISSN 2622-1748. Available at: <http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/239>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v3i2.239.