Proses Adaptasi Mahasiswa Asal Papua di Universitas Negeri Padang (Studi pada Mahasiswa Asal Papua di Universitas Negeri Padang Program Pendidikan ADIK)
Abstract
Abstrak
Penelitianaini dilatarbelakangi oleh ketertarikanapeneliti melihatamahasiswa Papua yang berada di Universitas Negeri Padang (UNP) yang unik dan berbeda dengan mahasiswa mayoritas di UNP. Tujuanapenelitianainiaadalahauntukamengetahuiaprosesaadaptasi mahasiswaaasalaPapua di UNP dengan program pendidikan adik. Kemudian hasilatemuan peneliti tersebut dianalisis denganamenggunakanateoriastrukturalafungsionalaolehaTalcot Parsons denganakonsep AGIL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada 3 prosesaadaptasiayangadilakukanaoleh mahasiswaaPapua (1) adaptasiadalam bergaul dengan sesama mahasiswa, (2) adaptasi dalam proses belajar di dalam kelas bersama dosen maupun mahasiswa, dan (3) adaptasi dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitar kampus.