Strategi Sopir Angkot dalam Menarik Penumpang di Kota Padang

  • Marti Nia Lestari Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora AN Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Sopir Angkot dalam menarik penumpang di Kota Padang. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori aksi yang dikemukakan oleh (Talcot Parson). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus serta teknik pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi pengamatan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sopir angkot memiliki strategi dalam bersaing bisnis dengan sopir angkot lain yang bertujuan untuk menarik perhatian penumpang. Strategi yang dilakukan oleh sopir angkot yaitu: (1) Memodifikasi angkot (a) Modifikasi Eksterior: memasang sticker pada bagian badan angkot, menceperkan body angkot, memasang kaca film hitam (b) Modifikasi Interior: memasang perangkat audio, video dan sound system, memodif bentuk jok, menambahkan pernak-pernik aksesoris pada bagian dalam angkot (2) Memiliki modal (3) Melayani penumpang dengan ramah tamah (4) Usia sopir dan tampilan sopir angkot.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Sopir Angkot dalam menarik penumpang di Kota Padang. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori aksi yang dikemukakan oleh (Talcot Parson). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus serta teknik pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi pengamatan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sopir angkot memiliki strategi dalam bersaing bisnis dengan sopir angkot lain yang bertujuan untuk menarik perhatian penumpang. Strategi yang dilakukan oleh sopir angkot yaitu: (1) Memodifikasi angkot (a) Modifikasi Eksterior: memasang sticker pada bagian badan angkot, menceperkan body angkot, memasang kaca film hitam (b) Modifikasi Interior: memasang perangkat audio, video dan sound system, memodif bentuk jok, menambahkan pernak-pernik aksesoris pada bagian dalam angkot (2) Memiliki modal (3) Melayani penumpang dengan ramah tamah (4) Usia sopir dan tampilan sopir angkot.

Published
Aug 15, 2020
How to Cite
LESTARI, Marti Nia; NORA AN, Desri. Strategi Sopir Angkot dalam Menarik Penumpang di Kota Padang. Jurnal Perspektif, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 456-463, aug. 2020. ISSN 2622-1748. Available at: <http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/300>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v3i3.300.