Tindakan Bullying Teman Sebaya Pada Siswa yang Feminim di SMA Negeri 4 Pariaman

  • Ratni Surianti Universitas Negeri Padang
  • Eka Vidya Putra Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang perilaku bullying dikalangan remaja. Pada penelitian ini memfokuskan pada bentuk tindakan bullying teman sebaya pada siswa yang feminim di SMA Negeri 4 Pariaman. Feminim merupakan ciri sifat dan perilaku yang identik dengan perempuan umumnya meliputi lemah gemulai dan bertutur kata lembut. Ada beberapa orang keluar dari sikap itu dianggap dengan suatu yang berbeda, maka mereka mendapatkan cemoohan dan di bully di lingkungannya. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konstruksi sosial tehadap siswa feminim serta tindakan bullying teman sebaya pada siswa yang feminim di SMA Negeri 4 Pariaman. Untuk mengidentifikasi masalah dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua (2) teoritik yaitu teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman untuk memahami konstruksi siswa feminim dan teori Kontrol Sosial oleh Travis Hirsci untuk mengontrol bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe studi kasus,dengan teknik pemilahan informannya yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisa data Milles dan Huberman untuk mengumpulkan data dengan mengamati (observasi), mewawancarai, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa bentuk tindakan bullying yang terjadi pada siswa feminim di SMA Negeri 4 Pariaman adalah Ada beberapa nama atau istilah siswa feminim yaitu bencong, bencong arak, laki-laki bertulang lunak dan bentuk bentuk tindakan bullying yang terjadi pada siswa feminim berupa bullying verbal, tindakan bullying fisik, dan tindakan bullying psikis/mental.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang perilaku bullying dikalangan remaja. Pada penelitian ini memfokuskan pada bentuk tindakan bullying teman sebaya pada siswa yang feminim di SMA Negeri 4 Pariaman. Feminim merupakan ciri sifat dan perilaku yang identik dengan perempuan umumnya meliputi lemah gemulai dan bertutur kata lembut. Ada beberapa orang keluar dari sikap itu dianggap dengan suatu yang berbeda, maka mereka mendapatkan cemoohan dan di bully di lingkungannya. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konstruksi sosial tehadap siswa feminim serta tindakan bullying teman sebaya pada siswa yang feminim di SMA Negeri 4 Pariaman. Untuk mengidentifikasi masalah dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua (2) teoritik yaitu teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman untuk memahami konstruksi siswa feminim dan teori Kontrol Sosial oleh Travis Hirsci untuk mengontrol bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe studi kasus,dengan teknik pemilahan informannya yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisa data Milles dan Huberman untuk mengumpulkan data dengan mengamati (observasi), mewawancarai, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa bentuk tindakan bullying yang terjadi pada siswa feminim di SMA Negeri 4 Pariaman adalah Ada beberapa nama atau istilah siswa feminim yaitu bencong, bencong arak, laki-laki bertulang lunak dan bentuk bentuk tindakan bullying yang terjadi pada siswa feminim berupa bullying verbal, tindakan bullying fisik, dan tindakan bullying psikis/mental.

Published
Aug 15, 2020
How to Cite
SURIANTI, Ratni; PUTRA, Eka Vidya. Tindakan Bullying Teman Sebaya Pada Siswa yang Feminim di SMA Negeri 4 Pariaman. Jurnal Perspektif, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 482-491, aug. 2020. ISSN 2622-1748. Available at: <http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/317>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v3i3.317.