Faktor Pendorong Ibu-ibu Mengikuti Kegiatan Sekolah Orang Tua (Studi Kasus: Sekolah Orang Tua Yayasan Anak Sholeh 85 di Purus, Kota Padang)

  • Angga Mario Pernando Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat terjadinya peningkatan jumlah para peserta yang mengikuti kegiatan sekolah orang tua di Purus dalam kurun waktu tiga tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa yang mendorong orang tua mengikuti sekolah orang tua yayasan anak sholeh 85 di Purus, Kota Padang. Penelitian ini dianalisis dengan teori yang dikamukakan oleh James S Coleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatis tipe studi kasus, teknik pemilihan informan purpose sampling dengan jumlah informan 16 orang.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendorong ibu-ibu mengikuti kegiatan sekolah orang tua di Purus, Kota Padang didorong oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah karena ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Sedangkan faktor eksternal adalah karena ajakan pihak RAS agar para orang tua mengaji, pengaruh teman, dan mengisi waktu luang.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat terjadinya peningkatan jumlah para peserta yang mengikuti kegiatan sekolah orang tua di Purus dalam kurun waktu tiga tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa yang mendorong orang tua mengikuti sekolah orang tua yayasan anak sholeh 85 di Purus, Kota Padang. Penelitian ini dianalisis dengan teori yang dikamukakan oleh James S Coleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatis tipe studi kasus, teknik pemilihan informan purpose sampling dengan jumlah informan 16 orang.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendorong ibu-ibu mengikuti kegiatan sekolah orang tua di Purus, Kota Padang didorong oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah karena ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Sedangkan faktor eksternal adalah karena ajakan pihak RAS agar para orang tua mengaji, pengaruh teman, dan mengisi waktu luang.

Published
Oct 23, 2020
How to Cite
PERNANDO, Angga Mario; JUNAIDI, Junaidi. Faktor Pendorong Ibu-ibu Mengikuti Kegiatan Sekolah Orang Tua (Studi Kasus: Sekolah Orang Tua Yayasan Anak Sholeh 85 di Purus, Kota Padang). Jurnal Perspektif, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 556-563, oct. 2020. ISSN 2622-1748. Available at: <http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/331>. Date accessed: 22 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v3i4.331.