Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Sosial Uniiversitas Negeri Padang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Untuk menganalisis Penelitian ini peneliti menggunakan teori Motivasi Berprestasi yang dikemukakan oleh McClelland. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa bidikmisi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara yang dilakukan melalui aplikasi WhatApss dan via telpon karena pandemi covid-19 dan studi dokumentasi. Teknis analisis data yang dirujuk dengan pemikiran Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat faktor pendorong rendahnya prestasi belajar mahasiswa bidikmsisi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang yaitu faktor internal dan faktor eksternal, yaitu: faktor internal yang berasal dari dalam diri, yang dipengaruhi oleh kondisi fisik yang lemah. dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri individu, yaitu keluarga, teman sebaya, pekerjaan paruh waktu.