Pola Perilaku Belanja Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya berbagai pasar yang meyediakan berbagai kemudahan dalam berbelanja sehingga mengakibatkan mahasiswa memiliki prilaku belanja yang berlebihan. Penelitian perilaku belanja perlu dilakukan karena berkaitan dengan kemampuan mengatur pengeluaran keuangan. Apabila uang digunakan tidak terkendali akan mengakibatkan mahasiswa mengalami masalah dalam memenuhi kebutuhan utama kuliah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pola perilaku belanja mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang tahun masuk 2016, 2017, 2018, 2019, yang terdaftar pada semester Januari sampai Juni 2020. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 86 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, metode angket digunakan untuk mencari data mengenai variabel perilaku belanja dengan menggunakan skala Likert. Keabsahan data didapatkan dengan cara melakukan uji validitas dan realibilitas. Data dari angket dalam penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan pola perilaku belanja mahasiswa sebagai berikut: (1) Mahasiswa Jurusan Sosiologi tahun masuk 2016, 2017, 2018, 2019 memiliki perilaku belanja dan perilaku konsumtif dengan kategori tinggi yaitu 74% dan 62%. (2) Mahasiswa perempuan lebih konsumtif dibandingkan mahasiswa laki-laki, (3) Mahasiswa dengan jatah belanja 200.000 sampai >2.500.000 memiliki tingkat perilaku belanja dengan kategori tinggi yaitu 73% dan perilaku konsumtif tinggi yaitu 62%.