Perubahan Pada Masyarakat Dalam Hal Memperoleh Makanan Akibat Munculnya Media Sosial
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan dalam memperoleh makanan akibat pengaruh teknologi informasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori pendekatan perubahan sosial oleh William F. Ogburn. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dan teknik pemilihan informan purposive sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara (mendalam) yang dilakukan secara tatap muka langsung dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi data. teknis analisis data yang dirujuk melalui pemikiran Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan dalam memperoleh makanan akibat pengaruh teknologi informasi meliputi: (1) berupa tergiurnya masyarakat dengan promosi berupa video, foto, testimoni, (2) banyaknya jumlah followers dari si akun jajanan tersebut, (3) efisiensi waktu, (4) efisiensi tenaga (mager), (5) merasa menjadi manusia modern, (6) kepuasan dalam memakan makanan yang trend.