Pemanfaatan Media Luar Ruang Sebagai Salah Satu Strategi Pemenangan Lisda Hendrajoni Dalam Pileg 2019 Dapil Sumbar 1: Kajian Sosiologi Komunikasi Politik

  • Zeri Milyuta Putra Universitas Negeri Padang
  • Mohammad Isa Gautama Universitas Negeri Padang

Abstract

Latar belakang penelitian bermula dari kemenangan Lisda Hendrajoni dalam pemilihan umum legislatif periode 2019-2024 menjadi anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Nasional Demokrat. Lisda Hendrajoni menggunakan media luar ruang sebagai salah satu strategi pemenangannya dalam pileg 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan media luar ruang sebagai salah satu strategi pemenangan Lisda Hendrajoni dalam Pileg 2019 Dapil Sumbar 1. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori marketing politik yang dikemukakan oleh (Andrew Lock& Phil Harris). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus intinsik. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan dalam kampanye pemenangan Lisda Hendrajoni pada saat menjadi calon DPR-RI adalah pemakaian media luar ruang yang banyak ditemui seperti spanduk, baliho, billboard, kalender, stiker, dan contoh surat suara dikarenakan dapat terjangkau di semua masyarakat sampai ke kampung-kampung, sehingga menggunakan media luar ruang merupakan media yang paling efektif untuk memperkenalkan kandidat ke masyarakat. Kemudian strategi pemenangan Lisda Hendrajoni juga melakukan pendekatan terhadap masyarakat melalui program sosial yang dilakukan, pembagian tim kampanye menjadi dua daerah pemilihan yang ada di Sumbar 1 yaitu di Pesisir Selatan yang diketuai oleh Kristian Rinaldo dan Sumbar 1 diluar Pesisir Selatan yang diketuai oleh Jefri Hidayat. Sehingga bisa memenangkan pemilihan umum legislatif DPR RI periode 2019-2024

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Latar belakang penelitian bermula dari kemenangan Lisda Hendrajoni dalam pemilihan umum legislatif periode 2019-2024 menjadi anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Nasional Demokrat. Lisda Hendrajoni menggunakan media luar ruang sebagai salah satu strategi pemenangannya dalam pileg 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan media luar ruang sebagai salah satu strategi pemenangan Lisda Hendrajoni dalam Pileg 2019 Dapil Sumbar 1. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori marketing politik yang dikemukakan oleh (Andrew Lock& Phil Harris). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus intinsik. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan dalam kampanye pemenangan Lisda Hendrajoni pada saat menjadi calon DPR-RI adalah pemakaian media luar ruang yang banyak ditemui seperti spanduk, baliho, billboard, kalender, stiker, dan contoh surat suara dikarenakan dapat terjangkau di semua masyarakat sampai ke kampung-kampung, sehingga menggunakan media luar ruang merupakan media yang paling efektif untuk memperkenalkan kandidat ke masyarakat. Kemudian strategi pemenangan Lisda Hendrajoni juga melakukan pendekatan terhadap masyarakat melalui program sosial yang dilakukan, pembagian tim kampanye menjadi dua daerah pemilihan yang ada di Sumbar 1 yaitu di Pesisir Selatan yang diketuai oleh Kristian Rinaldo dan Sumbar 1 diluar Pesisir Selatan yang diketuai oleh Jefri Hidayat. Sehingga bisa memenangkan pemilihan umum legislatif DPR RI periode 2019-2024

Published
Jan 18, 2021
How to Cite
PUTRA, Zeri Milyuta; GAUTAMA, Mohammad Isa. Pemanfaatan Media Luar Ruang Sebagai Salah Satu Strategi Pemenangan Lisda Hendrajoni Dalam Pileg 2019 Dapil Sumbar 1: Kajian Sosiologi Komunikasi Politik. Jurnal Perspektif, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-14, jan. 2021. ISSN 2622-1748. Available at: <http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/384>. Date accessed: 06 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v4i1.384.