Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Penerapan Program 18-21 Pada Keluarga Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Studi kasus Kelurahan Rawang Kota Padang)
Abstract
Penelitian ini di latar belakang oleh ada nya ketertarikan peneliti kepada program 18-21 yang di kota padang yang mana dalam program ini memfokuskan kepada penanaman pendididkan karakter untuk anak usia dini di kelurahan rawang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan program 18-21 itu sendiri pada keluarga di kelurahan rawang kota padang. Teori yang di gunakan dalam pembahasan ini teori behavioristik adalah teori yang mempelajari perilaku manusia. Teori behavioral ini berfokus pada peran dari belajar dalam menjelaskan tingkah laku manusia dan terjadi melalui rangsangan berdasarkan (stimulus) yang menimbulkan hubungan perilaku reaktif (respons) hukum-hukum mekanistik. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan beberapa orang informan, pengumpulan data secara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumtasi. Untuk mengkaji kredibilitas dari penelitian digunakan teknik triangunasi. Data di ananlisis dengan teknik analisis interaktif miles dan huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bagaimana menenamkan pendidikan karakter anak usia dini dalam penerapan progra 18-21 pada keluarga di kelurahan rawang kota padang yaitu (1) penerapan program18-21 pada keluarga (2) sholat dan mengaji dalam nilai religuis (3) belajar dan bermain untuk kedekatan antara orang tua dan anak.