Peran Ibu dalam Proses Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi: Single Mom di Kelurahan Gurun Laweh Kota Padang)

  • Nia Permata Sari Suherman Universitas Negeri Padang
  • Wirdanengsih Wirdanengsih Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 dan kendala yang dihadapi Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Gurun Laweh Kota Padang. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori Fungsional Tallcot Parsons. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif tipe deskriptif. Data penulis dapatkan melalui observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dalam proses pendidikan seksual pada anak melalui beberapa metode mendidik anak yaitu metode dialog, bercerita, suri tauladan dan habituasi sehingga melalui metode mendidik anak tersebut dapat diketahui bahwa peran Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 tahun yaitu memperkenalkan anak dengan nama alat kelamin, memberitahukan kepada anak organ tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain, memperhatikan cara berpakaian anak, dan mengarahkan pergaulan yang baik dengan lawan jenis. Selain itu, kendala yang dihadapi Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 tahun yaitu sulitnya membagi waktu antara bekerja dengan menyampaikan pendidikan seksual, sempitnya pengetahuan seks pada masyarakat, dan sulitnya anak untuk memahami secara cepat apa yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 dan kendala yang dihadapi Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Gurun Laweh Kota Padang. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori Fungsional Tallcot Parsons. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif tipe deskriptif. Data penulis dapatkan melalui observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dalam proses pendidikan seksual pada anak melalui beberapa metode mendidik anak yaitu metode dialog, bercerita, suri tauladan dan habituasi sehingga melalui metode mendidik anak tersebut dapat diketahui bahwa peran Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 tahun yaitu memperkenalkan anak dengan nama alat kelamin, memberitahukan kepada anak organ tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain, memperhatikan cara berpakaian anak, dan mengarahkan pergaulan yang baik dengan lawan jenis. Selain itu, kendala yang dihadapi Single Mom dalam proses pendidikan seksual pada anak usia 4-6 tahun yaitu sulitnya membagi waktu antara bekerja dengan menyampaikan pendidikan seksual, sempitnya pengetahuan seks pada masyarakat, dan sulitnya anak untuk memahami secara cepat apa yang diajarkan.

Published
Feb 11, 2021
How to Cite
SUHERMAN, Nia Permata Sari; WIRDANENGSIH, Wirdanengsih. Peran Ibu dalam Proses Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi: Single Mom di Kelurahan Gurun Laweh Kota Padang). Jurnal Perspektif, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 146-157, feb. 2021. ISSN 2622-1748. Available at: <http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/410>. Date accessed: 06 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v4i1.410.