Strategi Belajar Online Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNP secara Synchronous Saat Pandemi Covid-19
Abstract
Latar belakang penelitian bermula dari dilatarbelakangi oleh Surat Edaran Rektor tentang Persiapan dan Pencegahan Covid-19 di Lingkungan UNP No 1530/UN35/TU/2020 tanggal 14 Maret 2020 dan No. 1061/UN35/TU/2020 tanggal 18 Maret 2020 sehingga mahasiswa belajar dari rumah secara online. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu pertanyaan yaitu bagaimana strategi belajar daring atau strategi mahasiswa dalam hal ini belajar secara Synchronous. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui teori Struktural fungsional oleh Talcott Parsons. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Strategi Belajar Online Mahasiswa Sosiologi FIS UNP secara Synchronous saat Pandemi Covid-19. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan informan adalah dengan pengambilan sampel dengan jumlah informan sebanyak 14 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam (in depth interview) dan studi dokumentasi dianalisis menggunakan teknik analisis data dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data presentation), dan kesimpulan / verifikasi. Lokasi penelitian di sekitaran Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran secara Synchronous, masalah utama yang ditemukan adalah ketergantungan mahasiswa pada jaringan internet saat belajar online. Sedangkan strategi belajar yang dilakukan mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS-UNP saat Pandemi Covid-19 dalam menghadapi kuliah online secara Synchronous antara lain 1) mengikuti alur perkuliahan; 2) menyesuaikan pada jaringan yang ada; 3) membaca dan memahami materi perkuliahan.