Penggunaan Aplikasi Tik Tok bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi Tik Tok bagi mahasiswa FIS UNP. Latar belakang dari penelitian ini bermula dari mahasiswa yang menggunakan aplikasi Tik Tok pada saat jam pembelajaran hingga menganggu proses belajar mengajar di dalam kelas, selain itu ada juga mahasiswa yang menggunakan aplikasi Tik Tok di luar jam pembelajaran, walaupun digunakan di luar jam pembelajaran tetapi penggunaanya yang berlebihan. Berdasarkan masalah tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pendapat mahasiswa FIS UNP terkait fungsi sosial penggunaan aplikasi Tik Tok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi Tik Tok bagi mahasiswa FIS UNP. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Sosiologi Komunikasi Use and Gratification Katz, Gurevitch, dan Has. Teori ini berasumsi bahwa audiens aktif dalam memilih dan menggunakan media tertentu untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sebanyak 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa fungsi sosial penggunaan aplikasi Tik Tok bagi mahasiswa FIS UNP adalah sebagai media informasi, sebagai media hiburan, sebagai media bisnis, sebagai sumber tempat belajar, dan ekspresi diri. Dari penjelasan tersebut maka secara keseluruhan peneliti menemukan adanya kebutuhan yang dapat dipuaskan oleh aplikasi Tik Tok bagi mahasiswa FIS UNP.