Thrifting Sebagai Presentasi Diri Mahasiswa di Pasar Putih Bukittinggi

  • Mishbahhul Hayati Universitas Negeri Padang
  • Nora Susilawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Mahasiswa, Presentasi diri, Thrifting

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Thrifting sebagai presentasi diri yang dilakukan mahasiswa khususnya pelanggan Pasar Putih Bukittinggi. Konsumen terbesar pakaian bekas di Pasar Putih Bukittinggi adalah anak-anak muda seperi mahasiswa. Adanya berbagai larangan dari pemerintah mengenai pakaian bekas ditambah lagi dengan masa pandemi Covid-19, tidak membuat Pasar Putih sepi oleh pengunjung, bahkan semakin hari semakin banyak peminatnya khususnya mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab mahasiswa melakukan thrifting sebagai presentasi diri. Penelitian ini dinalisis menggunakan teori Fenomenologi dari Alfred Schutz. Penelitian ini dilakukan dengan melalui pendekatan Kualitaf dengan tipe penelitian fenomenologi. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, dengan 7 orang mahasiswa sebagai informan utama, dan 4 orang pedagang Pasar Putih, 1 orang pedagang biasam serta 1 orang Dinas Pengelolas Pasar Bukittinggi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumetasi. Analisis data dari Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan faktor-faktor penyebab mahasiswa melakukan thrifting sebagai presentasi diri yakninya:1) Representasi stylish dengan menggunakan barang bermerk.2) Kebutuhan fashion dengan harga terjangkau.3) Mendapatkan tampilan berbeda dari lingkungan.4) Mengikuti tren agar tidak ketinggalan jaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30