Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Penyalahgunaan Gadget oleh Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi: Nagari Durian Gadang Kabupaten Limapuluh Kota)
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penggunaan gadget pada anak dan peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget oleh anak di Nagari Durian Gadang, Kabupaten. 50 Kota. Latar belakang dari penelitian ini terlihat dari penggunaan gadget yang harusnya di manfaatkan untuk menunjang kebutuhan sekolah daring namun sebagian anak-anak menggunakan gadget untuk media bermain game online dan judi online dan lain sebagainya. Selain itu penggunaan gadget pada masa pandemi dalam waktu yang lama menimbulkan efek kecanduan dan ketergantungan anak pada gadget. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jumlah informan 20 orang yang terdiri dari 5 anak yang aktif menggunakan gadget, 10 orang tua anak yang menggunakan gadget dan 5 orang tetangga dilingkungan sekitar. Untuk memeriksa keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman, kegiatan analisis terdiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang aktif menggunakan gadget tanpa pendampingan orang tua cenderung menggunakan gadget tidak sesuai dengan alasan orang tua memberikan gadget tersebut sebagai media menunjang proses belajar secara daring. Bentuk peranan yang diterapkan oleh masing-masing orang tua anak yang aktif menggunakan gadget memiliki cara yang berbeda, orang tua melakukan perannya dengan memberikan pembatasan waktu dalam penggunaan gadget, nasihat atau peringatan, akan tetapi sebagian orang tua juga kurang tegas dalam membimbing anaknya, serta pengetahuan orang tua terhadap gadget yang masih minim.