Strategi Belajar Mandiri Siswa SMA di Kenagarian Sungai Abu Jorong Sungai Batarak Kecamatan Hiliran Gumanti Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana strategi belajar siswa SMA di Jorong Sungai Batarak Kenagarian Sungai Abu pada masa pandemi covid-19, yang mana ditengah keterbatasan jaringan dan sarana prasana yang ada siswa tetap bisa belajar dengan baik dan mempertahankan prestasi belajar mereka bahkan bisa meningkatkannya. Tentu hal ini menarik untuk diteliti bagaimana strategi belajar mandiri yang mereka gunakan pada masa pandemi covid-19. Hal ini akan dianalis menggunakan teori Aksi milik Talcott Parsons. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dimulai dari observasi participant, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa hanya mengikuti arus dalam pembelajaran. tidak terlalu memikirkan strategi apa yang baik untuk digunakan dalam belajar. Belajar sambil bermain, belajar kelompok, belajar setelah selesai pekerjaan rumah, screenshot materi dari google kemudian membuatnya di rumah. Adapun materi bisa mereka dapatkan jika sinyal wifi yang ada di beberapa tempat di Jorong Sungai Batarak tidak mati atau terjadi pemadaman listrik.