Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Gunuang Ome Kabupaten Lima Puluh Kota

  • Yuvina Reza Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: COvid-19, Pembelajaran, Strategi guru

Abstract

Artikel ini berbicara tentang strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid 19 (studi kasus guru sosiologi di SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Nagari Gunuang Omeh merupakan daerah yang keterbatasan jaringan internet. Alasan mendasar dari peneliti adalah karena hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Gunuang Omeh yang meningkat di masa pandemi dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi utama pada penelitian ini adalah guru Sosiologi SMA Negeri 1 Gunuang Omeh dengan jumlah 1 orang dan populasi pendukung adalah 1 orang wakil kurikulum SMA Negeri 1 Gunuang Omeh dan 3 orang siswa SMA Negeri 1 Gunuang Omeh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan didalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa data reduction, data display, data conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pademi covid 19 adalah mengoptimalkan penggunaan WhatsApp group sebagai alat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30