Motif Wisatawan Mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (Mamic) Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu

  • Ayu Wulandari UNP
  • Erianjoni Erianjoni UNP
Keywords: Motif, Wisatawan, MAMIC

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat banyaknya wisatawan yang mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif wisatawan mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre. Hasil temuan dianalisis dengan menggunakan Teori Fenomenologi dari Alfred Schutz yang memahami mengenai tindakan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada dua yang menjadi motif wisatawan mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) adalah; (1) Motif Internal terdiri atas a. Pergi berwisata dan jalan-jalan b. Melihat desain MAMIC. (2) Motif Ekternal terdiri atas a. Informasi ataupun dorongan dari teman b. Melihat iklan dan spanduk c. Informasi dari Internet dan media sosial.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-09