Motif Wisatawan Mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (Mamic) Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat banyaknya wisatawan yang mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif wisatawan mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre. Hasil temuan dianalisis dengan menggunakan Teori Fenomenologi dari Alfred Schutz yang memahami mengenai tindakan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada dua yang menjadi motif wisatawan mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) adalah; (1) Motif Internal terdiri atas a. Pergi berwisata dan jalan-jalan b. Melihat desain MAMIC. (2) Motif Ekternal terdiri atas a. Informasi ataupun dorongan dari teman b. Melihat iklan dan spanduk c. Informasi dari Internet dan media sosial.