Pemanfaatan Selasar Akademik di Gedung Integrated ClassRoom Universitas Negeri Padang

  • Niken Nutricillia Universitas Negeri Padang
  • Nora Susilawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Mahasiswa, Kegiatan, Selasar akademik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan fasilitas baru yang berada di Gedung Integrated ClassRoom, Universitas Negeri Padang. Selasar akademik merupakan fasilitas ruang belajar terbuka bagi mahasiswa yang berkuliah di  Universitas Negeri Padang. Selasar Akademik yang seharusnya berguna sebagai sarana belajar mahasiswa diluar ruangan ternyata juga digunakan sebagai sarana kegiatan lain oleh mahasiswa Univesitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menjaelaskan pemanfaatan selasar akademik yang ada di gedung Integratd ClassRoom, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori struktural fungsional dari Robert K. Merton. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tipe studi kasus instriksik. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan informan sebanyak 41 orang. Pada penelitian ini dilakukan observasi partisipasi. Wawancara mendalam dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai pemanfaatan selasar akademik di gedung Integrated ClassRoom. Google Form dan aplikasi whatsapp juga digunakan untuk mempermudah dan memperluas informasi yang didapatkan dalam kondisi pandemi dan menggunakan dokumentasi mengenai foto-foto kegiatan mahasiswa saat berada di selasar akademik. Hasil penelian ini mengungkapkan bahwa selain digunkan sebagai fasilitas belajar di luar ruangan bagi mahasiswa Universitas Negeri Padang, selasar akademik juga digunakan untuk kegiatan lain seperti; sebagai tempat nongkrong, tempat makan, dan lokasi untuk mengakses konen hiburan, dan tempat beristirahat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-19