Daya Tarik BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia dalam Membentuk Perilaku Mahasiswa Berbelanja Online
Abstract
BTS adalah salah satu dari budaya korea dari segi musik yang digemari di seluruh dunia dan di tahun 2019 BTS menjadi Brand ambassador dari Tokopedia. Setiap individu perilakunya tidak ada yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku mahasiswa berbelanja online. Penelitian ini bertujuan mengungkap apa yang menjadi daya tarik brand ambassador bagi mahasiswa sehingga membentuk perilakunya dalam berbelanja online. Teori yang dipakai teori interaksionisme simbolik oleh Herbert Blumer dan George Herbert Mead. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif tipe studi kasus dengan cara pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data yaitu wawancara mendalam via WhatsApp dengan cara chat dan video call, juga wawancara langsung. Teknik analisis data merujuk pada model analisis interaktif Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mahasiswa Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang (UKKPK UNP) yang berbelanja online membentuk perilaku; 1) membangun identitas kelompok, 2) menabung, 3) mengikuti tren, 4) mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Penelitian ini menganalisis perilaku yang terbentuk karena daya tarik brand ambassador jadi penelitian ini dapat menjadi rujukan tambahan ilmu di bidang Sosiologi sebagai fenomena yang terjadi di kalangan mahasiswa.