Kepemilikan iPhone Bekas sebagai Personal Branding di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kepemilikan iPhone Bekas Sebagai Personal Branding di kalangan Mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNP. Latar belakang penelitian bermula dari beberapa Mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Sosiologi FIS UNP menggunakan iPhone bekas dari kalangan kelas menengah kebawah sebagai ajang untuk Personal Branding. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yaitu teori konsumsi dari Jean Baudrillard mengenai An Order of Manipulation of Sign dan The Theory of The Leisure Class dari Thorstein Veblen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan adalah dengan purposive sampling. Jumlah informan sebanyak 9 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan iPhone bekas di kalangan Mahasiswa Sosiologi angkatan 2017 yang dilihat dari perilaku personal branding yang dilakukan Mahasiswa Sosiologi FIS UNP angkatan 2017 melalui 4 cara;1) MirrorSelfie 2) konten tiktok 3) Instastory instagram mengenai kata-kata bijak dan; 4) Instastory instagram tentang kegiatan sehari-hari.