Fungsi Pendampingan Keluarga Petani dalam Belajar Daring di Rumah Masa Pandemi Covid-19

  • Wahyu Fitri Alfiani Universitas Negeri Padang
  • Wirdanengsih Wirdanengsih Universitas Negeri Padang
Keywords: Pendampingan, keluarga petani, berlajar daring, Covid-19

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena adanya pandemi Covid-19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan terutama pendidikan yang mengakibatkan berubahnya sistem belajar siswa. Siswa biasanya belajar di sekolah secara offline harus digantikan dengan pembelajaran daring secara online dengan menggunakan Handphone. Situasi yang terjadi sekarang sangat menuntut keterlibatan orang tua secara lebih maksimal dan melakukan komonikasi yang lebih intens dengan guru dalam melaporkan perkembangan belajar anak. Dapat dikatakan bahwa situasi pandemi Covid-19 mengembalikan hakikat pendidikan anak dalam keluarga. Penelitian bertujuan menganalisis fungsi pendampingan keluarga petani dalam proses belajar daring di rumah pada masa pandemi Covid-19. Dalam menganalisis penelitian ini digunakan teori struktural fungsional oleh Talcott Parsons melalui konsep AGIL, Adaptation, Goal Attaiment, Integration, dan Latency). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 11 keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua kurang mengawasi anaknya dalam proses belajar daring di rumah, hal ini disebabkan karena kesibukan kedua orang tua yang bekerja di luar rumah, sehingga tidak bisa mengontrol anak setiap saat. Kesibukan orang tua menyebabkan kurangnya kesadaran atas peran sebagai orang tua dalam mendampingi anak saat proses belajar daring di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-04