Strategi Adaptasi Mahasiswa UNP Non Muslim dalam Kegiatan Praktek Kependidikan (PLK) Pada Sekolah Praktek Lapangan di Kota Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti melihat mahasiswa UNP PLK non Muslim menjalankan Program Praktek Lapangan Kependidikan (PPLK) selama empat bulan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Adaptasi Mahasiswa non Muslim dalam kegiatan Praktek Lapangan Kependidikan pada sekolah di Kota Padang. Hasil temuan dianalisis dengan teori Struktural Fungsiona oleh Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan yang menjadi strategi adaptasi mahasiswa UNP PLK non Muslim dalam kegiatan Praktek Lapangan Kependidikan adalah; (1) adaptasi berpakaian muslimah menggunakan jilbab, (2) adaptasi dengan lingkungan sekolah,(3) adaptasi dengan kegiatan sekolah