Perilaku Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kota Pariaman Tahun 2018

  • Nadia Muspita Sari UNP
  • Erianjoni Erianjoni UNP
  • Ike Sylvia UNP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kota Pariaman tahun 2018. Penelitian ini dianalisis dengan teori atribusi yang dikemukakan oleh Fritz Heider. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif, teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan 41 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku siswa dikelompokan menjadi dua yaitu perilaku positif dan perilaku negatif. Perilaku positif terdiri dari perilaku valisional, perilaku aktif, perilaku normatif, dan perilaku mandiri pada saat UNBK berlangsung. Perilaku positif ditunjukan oleh mayoritas siswa berasal dari jurusan IPA yang dibuktikan hasil UNBK lebih tinggi dan lebih banyak diterima di perguruan tinggi. Perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi internal. Sedangkan perilaku negatif terdiri dari; perilaku stereotip, perilaku pasif, perilaku menyimpang, dan perilaku bergantung kepada orang lain. Perilaku ini ditunjukan oleh mayoritas siswa jurusan IPS yang dibuktikan hasil UNBK rendah dan sedikit diterima di perguruan tinggi.  perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kota Pariaman tahun 2018. Penelitian ini dianalisis dengan teori atribusi yang dikemukakan oleh Fritz Heider. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif, teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan 41 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku siswa dikelompokan menjadi dua yaitu perilaku positif dan perilaku negatif. Perilaku positif terdiri dari perilaku valisional, perilaku aktif, perilaku normatif, dan perilaku mandiri pada saat UNBK berlangsung. Perilaku positif ditunjukan oleh mayoritas siswa berasal dari jurusan IPA yang dibuktikan hasil UNBK lebih tinggi dan lebih banyak diterima di perguruan tinggi. Perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi internal. Sedangkan perilaku negatif terdiri dari; perilaku stereotip, perilaku pasif, perilaku menyimpang, dan perilaku bergantung kepada orang lain. Perilaku ini ditunjukan oleh mayoritas siswa jurusan IPS yang dibuktikan hasil UNBK rendah dan sedikit diterima di perguruan tinggi.  perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi eksternal.

Published
Jan 28, 2019
How to Cite
SARI, Nadia Muspita; ERIANJONI, Erianjoni; SYLVIA, Ike. Perilaku Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kota Pariaman Tahun 2018. Jurnal Perspektif, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-11, jan. 2019. ISSN 2622-1748. Available at: <http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/58>. Date accessed: 13 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v2i1.58.