Kontrol Sosial Sekolah pada Perilaku Bullying di Kalangan Siswa SMP Negeri 27 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

  • Oky Budi Pratiwi Universitas Negeri Padang
  • Erianjoni Erianjoni Universitas Negeri Padang
Keywords: Bullying, Kontrol sosial, Sekolah, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontrol sosial sekolah pada perilaku bullying di kalangan siswa SMP N 27 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Alasan peneliti melakukan penelitian di SMP N 27 Kabupaten Tebo tersebut karena SMP N 27 tergolong tempat yang rentan akan adanya perilaku bullying oleh remaja perilaku bullying. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kontrol sosial sekolah pada perilaku bullying di kalangan siswa SMP N 27 Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan teori Kontrol Sosial oleh Travis Hirschi. Teori ini mengembangkan empat fungsi untuk mengendalikan individu yaitu attachment atau kasih sayang, commitment atau tanggung jawab, inveloment atau keterlibatan, believe atau kepercayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian studi kasus (case study). Teknik pemilihan informan menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol sosial yang diberikan oleh sekolah tersebut diantaranya yaitu pertama memberikan layanan konseling, kedua teguran, ketiga pengawasan, keempat ancaman yang terdiri dari mengancam peserta didik untuk dikeluarkan dari sekolah, mengancam peserta didik untuk diskorsing, dan mengancam peserta didik untuk dilaporkan ke kantor polisi, kelima pemberian sanksi yang terdiri dari dikeluarkan dari sekolah, pemberian skorsing dari sekolah, dan memberikan surat panggilan untuk orang tua.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-30