Konstruksi Mahasiswa Kota Padang Mengenai Media Sosial dalam Belanja Online

  • Gary Dea Satriani Universitas Negeri Padang
  • Mira Hasti Hasmira Universitas Negeri Padang
Keywords: Belanja online, TikTok, Video review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana TikTok mempengaruhi keputusan belanja online mahasiswa pada aplikasi Shopee. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori konstruksi sosial oleh Peter L Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 15 orang mahasiswa/i. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan tiangulasi data. Data dianalisis menggunakan analisis konstruksi sosial oleh Peter L Berger dan Thomas Luckmann yaitu melalui 3 tahapan proses simultan atau yang disebut juga segitiga dialektika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa TikTok mempengaruhi keputusan belanja online mahasiswa pada aplikasi Shopee, yaitu keberhasilan dalam menggunakan TikTok sebagai media sosial pembentuk konstruksi berpikir mahasiswa adalah dengan adanya video review-review produk yang dibeli pada aplikasi platform belanja online Shopee. Video review telah membentuk konstruksi dikarenakan beberapa faktor, mahasiswa terkonstruksi dengan adanya video review karena bebeapa faktor tersebut menciptakan kesadaran palsu yang menyebabkan mahasiswa terlihat bebas melakukan pembelian barang-barang secara online, namun secara tidak sadar melakukan pembelian secara berulang-ulang pada aplikasi Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-28