Kontrol Sosial Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Daring

  • Resty Antika Putri Universitas Negeri Padang
  • Ikhwan Ikhwan Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kontrol sosial orang tua dalam proses pembelajaran daring yang disebabkan karena adanya Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang memperlihatkan bahwa terdapat kurangnya kontrol dari orang tua khususnya yang bekerja sebagai petani terhadap anak mereka yang sedang melakukan pembelajaran daring. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah dengan mengetahui cara efektif dalam mengahadapi anak dalam proses pembelajaran daring membuat orang tua tetap bisa mengontrol mereka meskipun orang tua tidak berada di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tipe Studi Kasus. Teknik pemilihan informan secara Purposive Sampling dengan jumlah informan sebanyak 14 orang yang terdiri dari orang tua dan anak pada keluarga petani. Pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara yang dilakukan secara tatap muka dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi data serta teknik analisis data yang digunakan adalah yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori kontrol sosial oleh Traviss Hirchi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa bentuk kontrol orang tua pada keluarga petani dalam mengontrol anak mereka yang sedang melakukan pembelajaran daring di kenagarian Sungai Puar adalah dengan melakukan beberapa upaya preventif yaitu pertama memberikan perhatian, kedua pengawasan, ketiga memberikan ancaman, serta keempat pemberian reward   untuk dapat mengontrol anak saat pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30