Fenomena Pelaku Konsumtif Remaja Kota Padang Penikmat Coffee Shop
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor penyebab prilaku konsumtif yang terjadi pada kalangan remaja penikmat Coffee Shop dilihat dari aspek ketertarikan menikmati kopi di coffee shop, kegiatan konsumsi dalam bentuk alasan memilih coffee shop. Penelitian ini menggunakan teori dari Jean Baudrillard dimana orang tidak lagi mengkonsumsi objek berdasarkan nilai tukar atau nilai guna, melainkan karena nilai tanda/simbolis yang sifatnya abstrak dan terkonstruksi. Hal ini disebabkan karena beberapa bagian dari tawaran iklan justru menafikan kebutuhan konsumen akan keunggulan produk, melainkan dengan menyerang rasa sombong tersembunyi dalam diri manusia, produk ditawarkan sebagai simbol prestise & gaya hidup mewah yang menumbuhkan rasa bangga yang klise dalam diri pemakainya. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendektan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 15 orang informan, pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Data di analisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan alasan memilih Coffee Shop sebagai tempat nongkrong, yaitu: memilih kopi di Coffee Shop karna tampilan, membeli kopi di Coffee Shop karena di pengaruhi pergaulan, membeli kopi di Coffee Shop karna menunjang status sosial.