Peran Parenting dalam Pendidikan Anak di SD Negeri Percobaan Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran parenting dalam pendidikan anak di Sekolah Dasar Percobaan Kota Padang. Kegiatan ini sudah lama diterapkan dibeberapa sekolah terutama pada anak tingkatan PAUD sama TK. Keterlibatan orang tua merupakan salah bentuk partisipasi orang tua dalam pendidikan dan kehidupan anak. Selama ini orang tua beranggapan dengan mencukupi kebutuhan yang diperlukan anak sudah cukup, dengan cara pola pikir tersebut orang tua tidak memahami apakah yang diberikan sudah sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan seorang anak. Salah satunya solusi untuk mengatasihal tersebut sekolah tetap melanjutkan kegiatan parenting dengan cara memanfaatkan kegiatan parenting untuk menumbuh perkembangan dan mendidik anak melalui kegiatan parenting yang di adakan di sekolah tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori aksi yang dijelaskan oleh Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, teknik pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 10 orang informan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Hubertman dengan cara reduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitin ini menunjukkan dari peran parenting dalam pendidikan anak di SD Negeri Percobaan Kota Padang adalah (1) peran parenting sebagai pembentukan karakter anak (2) peran parenting sebagai menyalurkan bakat anak (3) peran parenting sebagai menumbuhkan bakat wirausaha anak.
Downloads
Copyright (c) 2022 Difri Maza & Erianjoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.