Perubahan Perilaku Remaja Akibat Content Creator Youtube Gaming Pada Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku remaja akibat content creator Youtube gaming pada Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang. Hal ini menarik diteliti karena content gaming yang seharusnya menjadi sebuah media hiburan untuk mengusir rasa bosan, ngantuk, atau hanya sekedar mengisi waktu luang saja, namun menjadi suatu tempat melakukan perilaku buruk yang dilakukan oleh creator itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purpose sampling dengan 23 informan dengan kriteria 9 remaja utama, 9 teman remaja dan 5 orang tua remaja. Pengumpulan data dilakukan secara observasi partisipasi dimana peneliti langsung menjadi aktor dalam kegiatan observasi tersebut sehingga mempermudah peneliti memperoleh data yang lebih akurat, wawancara mendalam peneliti mengajukan beberapa pertanyaan terkait apa aktivitas remaja ketika mereka menonton content gaming, studi dokumentasi digunakan peneliti meliputi foto dan rekaman suara remaja yang sedang menonton content gaming. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa remaja melakukan perubahan perilaku negatif karena adanya 2 penyebab yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi meniru, banyaknya remaja melakukan peniruan kepada content yang disajikan, keinginan pribadi yang muncul untuk menjadi terkenal layaknya seorang content creator, dan hiburan yang kerap digemari berupa perkataan negatif pada fitur komentar Youtube. Sedangkan faktor eksternal meliputi media massa dikarenakan pengaruh negatif tidak melulu soal Youtube melainkan sesuatu yang bisa diakses menggunakan internet, dan ajakan teman yang banyaknya remaja dirayu untuk melakukan perilaku negatif.