Perilaku Konsumen Mahasiswa Bidikmisi Program Studi Pendidikan Sosiologi Angkatan 2018 Universitas Negeri Padang

  • Friska Safitri Universitas Negeri Padang
  • Desy Mardhiah Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku konsumen yang dilakukan oleh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi pada Program Studi Pendidikan Sosiologi angkatan 2018 Universitas Negeri Padang. Dari 42 orang penerima bidikmisi terdapat 10 orang penerima bidikmisiyang tidak menggunakannya untuk keperluan pendidikan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kontruksi realitas sosial oleh Peter L.Beger dan Thomas Luckman. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 10 orang kriteria 8 mahasiswa bidikmisi, dan mahasiswa 2 non bidikmisi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, dan Huberman. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, pertama perilaku konsumtif mahasiswa bidikmisi terlihat dari mahasiswa bidikmisi mengkonsumsi produk sesuai selera mahasiswa non bidikmisi, kedua memanjakan diri dengan berbelanja dan rekreasi, ketigamemprioritaskan penggunaan kosmetik sebagai kebutuhan utama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-27