Motivasi Warga Belajar Mengikuti Program Paket A, B, dan C di PKBM Lambe Foundation Taeh Bukik Payakumbuh
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya warga belajar paket A, paket B dan paket C yang belajar di lembaga ini dari berbagai asal daerah, latar belakang ekonomi, dan tujuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi warga belajar dalam mengikuti program paket A, paket B dan paket C di PKBM Lambe Foundation, Taeh Bukik, Kecamatan Payakumbuh. Penelitian ini dianalisis dengan Teori Fenomenologi Alfred Schuthz. Data dikumpulkan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Obersvasi dilakukan untuk mengamati situasi, kondisi PKBM dan proses belajar di PKBM Lambe Foundation. Proses wawancara dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada informan yaitu warga belajar paket A, B dan C yang belajar di PKBM Lambe Foundation. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah apa alasan dan tujuan warga belajar mengikuti program paket A, B dan C di PKBM Lambe Foundation. Dokumentasi dengan mengambil foto di lapangan proses pembelajaran disana untuk memperkuat data penelitian. Informan penelitian berjumlah 21 orang yang dipilih menggunakan teknik Purpose Sampling, dengan kriteria warga belajar usia sekolah dan warga belajar usia dewasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi warga belajar mengikuti program paket A, B dan C diantaranya pertama, alasan lingkungan belajar, kedua keinginan lanjut pendidikan ketingkat yang lebih tinggi, ketiga alasan pekerjaan (mempertahankan pekerjaan, ingin menjadi wali jorong), keempat menambah pengetahuan, kelima keingnan untuk kuliah, dan keenam meningkatkan status sosial).