Perilaku Bullying Pada Siswa SMPN 7 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Abstract
Di sekolah siswa masih melakukan perilaku bullying kepada temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab perilaku bullying pada siswa SMPN 7 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dianalisis dengan teori naluri agresi yang dikemukakan oleh Konrad Lorenz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus, teknik pemilihan informan purposive sampling dan snowball dengan menggunakan informan kunci dan jumlah informan sebanyak 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku bullying yang dilakukan yaitu bullying verbal, bullying fisik dan melabrak. Faktor penyebab yang mempengaruhi siswa melakukan perilaku bullying seperti; frustasi melihat perilaku teman yang berbeda, fisik teman yang hitam dan bau, persaingan atau perebutan cowok, provokasi teman sebaya dan menyebarkan aib (rahasia) teman.