Respon Pedagang Pada Revitalisasi Pasar Raya Padang

  • Putri Wulandari UNP
  • Erda Fitriani UNP
  • Desy Mardhiah UNP
Keywords: respon, revitalisasi, pedagang, pasar tradisional

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan pada Pasar Raya Padang yang sudah direvitalisasi pada masa pemerintahan Bapak Fauzi Bahar, dan rampung pada masa pemerintahan Bapak Mahyeldi Ansyarullah. Bangunan itu disebut dengan Mal Pelayanan Publik Kota dengan menyediakan tempat untuk pedagang sembako dan pedagang lainnya. Tujuandalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan respon pedagang pada revitalisasi Pasar Raya Padang. Penelitian ini dianalisis menggunakan  teori Fungsional yang dikemukakan oleh Talcot Parson, didasarkan pada empat macam tugas utama yang harus dilakukan yang dikenal dengan sebutan AGIL (adaptasion, goal attainment, integration dan latency). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif tipe studi kasus, teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi,dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Respon pedagang pada revitalisasi di Mal Pelayanan Publik Kota Padang yaitu respon positif dan respon negatif. Adaptasi yang dilakukan oleh pedagang di Mal Pelayanan Publik Kota Padang  dengan beberapa strategi yang dilakukan oleh pedagang dalam menyesuaiakan diri dengan perubahan pasar yaitu mempertahankan pelanggan, melakukan kerjasama dengan pedagang yang lainnya, menambah jumlah los, membuka kedai pagi hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-03