Strategi Belajar Mahasiswa Bidikmisi (Stusi Kasus: Mahasiswa Bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang)
DOI:
https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i3.303Keywords:
Mahasiswa Bidikmisi, Stategi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuanmmengetahui lebih lanjut mengenai strategi belajar mahasiswa .bidikmisi .dalam .meningkatkan .prestasi .belajar .di .Fakultas .Ilmu .Sosial Universitas .Negeri .Padang. .Teori .untuk .menganalisis .penelitiannini .yaitu .teori StrukturallFungsional .dengan .konsep .AGIL .oleh .Talcot .Parsons. .Metode .penelitian yang .digunakan .dalam .penelitian .ini .adalah .pendekatan .kualitatif .dengan .tipe penelitian .studi .kasus .serta .teknik .pemilihan .informan .purposive .sampling. Pengumpulan .data dilakukan dengannobservasi,wwawancara .dan .studi .dokumentasi dengan .teknik .analisis .data .darimMiless.dan .Huberman. .Hasil .penelitian .menunjukkan strategi .belajar .yang .digunakan .mahasiswa .bidikmisi .dalam .meningkatkan .prestasi belajar .ada .dua .yaitu .(1) .adaptasi .terhadap .kehidupan .kampus, .yang .terdiri .dari .(a) menyusun .agenda .kegiatan .(b) .memilih .organisasi .dan .(2) .fokus .pada .tujuan, .yang terdiri .dari .(a)jmenentukan .skala .prioritas .(b) .metode .belajar .(c) .optimalisasi .beasiswa.